Selama nulis di Jekyll, padahal baru dua kali yang asli di Jekyll karena sisanya pindahan dari WordPress, saya koneksikan Jekyll ini ke IFTTT biar bisa membagikan otomatis ke Facebook dan Twitter, auto-share bahasa kerennya. Karena Jekyll ini berbeda dengan WordPress yang punya plugin Jetpack, Jekyll harus dibantu oleh IFTTT atau If This, Then That.

IFTTT sendiri adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita melakukan re-share otomatis ataupun auto-share dari satu platform ke platform lainnya. Misal, kalau habis pos di Twitter, pos kita harus masuk juga di Facebook, bisa? Bisa. Bahkan sampai disuruh kirim SMS pun bisa, tapi yang ini belum saya coba.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui URL dari RSS Feed blog Jekyll kita, biasanya sih di https://namadomain/feed.xml, anggap aja begitu. Seperti punya saya ini di https://sendz.github.io/feed.xml. Selanjutnya, register IFTTT di https://ifttt.com/, IFTTT ini juga punya aplikasi mobile untuk Android, coba cek Play Store :wink:

Sudah register? Sudah! Oke! Terus Login ya.

Lanjut klik navigasi My Recipes di atas ini (saya kotakin merah)

IFTTT Home

Lalu klik New Recipes

IFTTT New Recipes

Klik this yang berwarna biru, lalu cari Feed atau dengan nama RSS, selanjutnya klik lagi logo Feed tadi.

IFTTT this

Pilih yang New Feed

IFTT New Feed

Langsung masukan URL feed Jekyll kita tadi, lalu klik Create Trigger

IFTT Create Trigger

Selanjutnya klik link that dan pilih action yang akan kita gunakan, di sini saya ambil contoh kasus Facebook pribadi. Kalau anda punya Facebook Page atau fans page, bisa gunakan yang itu.

IFTT Actions

Sampai di sini, silakan pilih yang mana, mau pilih Create a new status message yang sama seperti update status pada umumnya, atau Create a link post lengkap dengan format link yang detailnya bisa digenerate, atau Upload a photo from URL untuk menambahkan pos dengan preview photo.

IFTT Action Facebook

Sampai sini, terserah deh mau diisi apa, setelah itu jangan lupa klik Create Action

IFTT Action Facebook Entry

Sampai sini, kita tinggal klik Create Recipe atau kasih nama sekalian biar gak salah edit.

IFTT Give a Recipe Name

Terakhir adalah, coba pos satu buah konten melalui Jekyll dan tunggu hasilnya :+1:

Kalau resep kita berhasil, akan ada pemberitahuan warna hijau